Loading...

Wisata Kuliner dan Tempat Makan Enak di Tuban

Sumur Air Tawar di Pantai Boom, Tuban Kalau sedang melintasi Pantura menuju Jawa Timur, saya paling senang saat melewati Tuban. Kita m...

Sumur Air Tawar di Pantai Boom, Tuban

Kalau sedang melintasi Pantura menuju Jawa Timur, saya paling senang saat melewati Tuban. Kita menyusuri Laut yg begitu indah di sepanjang perjalanannya. Kalau sudah begini, jadi hilang capek dan pegal karena bepergian jauhnya. Untuk urusan perut, tentu tidak bisa ditunda jika sudah memberontak minta makan, nah kalau di Tuban, ini beberapa tempat dan kuliner yg menjadi favorit:


Mulai sore hari hingga malam, di sepanjang Jalan RE. Martadinata ( depan Klenteng Kwan Sing Bio ) Anda bisa mencicipi aneka jenis Seafood di tenda-tenda kaki lima, menu-menu yang tersedia ikan, cumi, udang, kepiting/rajungan yang diolah dengan di goreng atau dibakar, ikan -  ikan yang disediakan benar-benar segar karena masih hidup sebelum dimasak lalu disajikan dengan sambal terasi khas Tuban … dipastikan lidah anda akan bergoyang. Harga yang di tawarkan mulai Rp. 5,000 – 20,000 / porsi.

Masih di Jalan RE. Martadinata, di sebelah timur klenteng bisa menjumpai Sate Kambing ” Haji Sapuan “.Sate Kambing disini terkenal paling enak, empuk dan gurih  karena memang kambingnya pilihan, dengan pelengkap sambal kecap. Gulai kambingnya juga oke, dagingnya empuk. Harganya mulai Rp. 10,000.

Jika sedang lapar saat tengah malam atau sedang melintasi Kota Tuban malam hari, anda bisa berkunjung ke area pantai Boom ( depan alun2 Tuban ). Di area ini, banyak warung-warung kaki lima, yang berjualan hingga jam 4 pagi. Menu yang di tawarkan beraneka macam, mulai dari gorengan, nasi pecel, nasi cumi ( di Tuban, cumi biasanya dimasak tanpa membuang tintanya, biasanya Cumi dimasak dengan bumbu lodeh , rasanya sangat nikmat ), lalu ada juga rawon, soto, aneka ikan goreng dan Mangut Pe / ikan pari khas Tuban yang rasa pedasnya sangat menggigit. Harganya juga harga damai, mulai dari Rp. 2,500 /porsi.

Jangan lewatkan juga untuk mencoba Kare Rajungan, di Jl. Manunggal, di depan SMA Negeri 3. Rajungan disini sangat terkenal lezatnya dan juga pedasnya yang dasyat, warung ini buka mulai jam 10 pagi sampai sore hari. Menu lainnya adalah Mangut Ikan Tongkol dan Pe, Pindang Srani dan juga ada sate kambing.

Untuk penyuka Belut dan Kodok, bisa mencoba masakan Belut dan Kodok, yang dimasak dengan bumbu lengkap di warung yang sudah cukup terkenal di Tuban yaitu “Warung Bagong”, yang ada di Ds. Prunggahan, sekitar 3 km ke arah selatan pasar Baru Tuban. Masakan kodok yang bercita rasa oriental, bisa anda temui di sebuah warung sederhana di Jl. H ahmad Dahlan.

Coba juga Mie pangsit, yang ada di Kemuning atau yang ada di Jl. Slamet Riyadi, keduanya sama enaknya, harga per porsi Rp. 10,000. Mie nya dibuat sendiri dengan isian daging ayam yang di potong kecil-kecil.

Untuk pecinta Bakso, cobalah “Bakso PKPN”, di Jl. Basuki Rakhmat, di belakang pertokoan IKPN, harga per porsi Rp. 5,000, terkenal dengan bakso isi telur puyuhnya dan kuahnya yang bening tapi sangat lezat. Atau Bakso “Fitness”, di Jl. Agus Salim, tepat di sebelah Fitness Centre Tuban. Harga /porsinya Rp. 6,000.

Kalau ayam panggang, cicipi ayam panggang yang super lezat, ayam panggang “Tirto Moyo”. Tirto Moyo ini ada 2 cabang, di lokasi pemandian Bekti Harjo, dan di Jl. Pahlawan ( depan SPBU Jl. Pahlawan ). Harga per ekornya, Rp. 55,000, sudah termasuk urap-urapan ( sayuran2 yang di  rebus dengan sambal kelapa ) dan juga nasinya.

Jika anda penggemar ayam goreng atau soto ayam, coba ” Warung Soto Sleko “, letaknya pas di bundaran seleko, yang buka mulai jam 5 sore, keistimewaan ayam goreng adalah pemakaian ayam kampung sebagi bahan utamanya, lalu sambal terasinya … sungguh menggugah selera makan.

Untuk nasi pecel, Cicipi “Nasi Pecel Madiun”, di Jl. Pemuda. Bukanya mulai jam 6 pagi sampai sekitar jam 1 siang. Disini, lauk yang menemani sambal pecel nya lengkap, ada tempe goreng, orek tempe, rendang daging, serundeng dan peyek kacang. Harga Rp. 8,000/porsi. Atau anda bisa juga cicipi Warung Pecel Pincuk Patung Tuban Bu Rita 085231276058. tinggal nanya saja sama orang Tuban “Patung depan Kodim”. Sudah persis di depan Kodim situlah warung ini berdiri. Buka jam 6 sore sampai 1 pagi

Sekitar 3 km ke arah Semanding dari kota Tuban, yaitu di Jl. Raya Semanding, anda bisa mencoba Becek Menthog “Sor Sawo” ( menthog yang semacam itik, di masak serupa opor dengan santan yang agak bening ), dan juga Sate Menthog, rasanya sangat mantab. Per porsi Rp. 7,500 sudah termasuk sego jagung ama es legen.

Becek Mentok yg lainnya juga bs dinikmati di  Merakurak, Tuban. Bebeknya empuk tanpa bau prengus. Namanya sate bebek bu yati. Jl bogorejo – merak urak – tuban – jawa timur, telp 0356 328494

Tahu Lontong dengan Bumbu Kacang yang sedap, ada di Jl. Lukman Hakim, namanya

“Tahu Lontong Bu Tulus”, buat sarapan pagi plus kerupuk sangat ajib Harga Rp. 4,000/porsi

Subuh hari di kota Tuban, cicipi deh Serabeh Selong, di Jl Lukman Hakim gg Iklas, Tuban. Ini jual cuma saat pagi pagi buta saja, datanglah jam 4 subuh. serabeh Tuban disajikan dengan santan yang kental, aromanya sangat wangi dan gurih. Selain itu di subuh hari, yg terkenal adalah Ketan Serundeng, di Jl Basuki Rahmat depan Bravo, Tuban. Ini juga jualnya sama dengan serabi, telat dikit, habis sudah. harga murah meriah kenyang, cuma 2ribu saja perbungkusnya.

Di Jl. Ahmad Dahlan (sebelah Pelangi offset), Tuban ada sebuah warung makan yg unik, makanannya macem2 dan serba pedas. Uniknya, apapun pesanan kita, nasi kita akan diberi alas daun jati. Sensasinya? aroma masakan akan jadi lebih harum dan gurih.

Kalau untuk Pepes Belut bisa dicoba di Pak Jangkar Di Semanding dan Bu Cemplon di Merakurak, Tuban. Katanya yang suka pedas, lebih baik ke Bu cemplon dan yang tidak suka pedas ke Pak Jangkar saja. Untuk rasa nya sama-sama enak dan sama sama murah.

Legen dan Tuwak Tuban. Semanding. Ini adalah minuman Khas Tuban. Disini terdapat warung tempat kongkow para tuwak maniak.

Jamu Pusoko Pipisan, Jl. P Sudirman 287 Telp 0356 321230, Jl. Kranggan, Jl. Dr. Sutomo 35 Telp 0356 322105. Inilah Jamu Asli Tuban. Jamunya buat sendiri

Es Bubur SumSum, Jl Pemuda, Tuban. lokasinya berhadapan jalan dengan Toko Tetap Terang.

Ada lg menu yg saying dilewatkan, Mak Mbing Opor, Jl. Kemuning, Tuban. disini warna opornya kuning kemerahan. Lalu ayamnya menggunakan ayam kampung. Resepnya opor kuno dimana ayamnya dibakar terlebih dahulu sebelum akhirnya disajikan menjadi sebuah makanan bernama opor.

Terakhir, cicipi Garang asem di RM Rahayu, Jl. Basuki Rahmat, Tuban. Telp 0356 324325. garang asemnya seger dan nikmat. disini, garang asemnya bening, sehingga terlihat segarnya cabai merah dan bawang merah iris.

Sumber: www.wisataseru.com - theangel.wordpress.com
SERBA-SERBI 2127382297287580289

Posting Komentar

  1. gan ane lahir dituban tapi gede di bogor, ngeliat postingan agan jadi pengen cepet2 balik ketuban, pengen ane jelajahin semua tuh tukang2 makanan disono hahaha

    thx gan infonya

    BalasHapus
  2. wah mantep mantep nih kedengerannya gan
    jadi pengen iseng jalan2 kesana sekalian menikmati makanan khasnya hehe
    thx for sharing gan :)

    BalasHapus
  3. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "






















    BalasHapus
  4. Keren, hampir semua tempat sudah tau.
    Bagus..

    BalasHapus
  5. Mantabs. Makasih infonya. Artikelnya sangat bermanfaat. Bisa dijadikan refrensi buat tamu tamu kami. Salam kenal dari Rental Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

    BalasHapus
  6. Wow lengkap sekali ulasannya mbak Citra. Terima kasih ya... InsyaAllah sangat bermanfaat untuk referensi penumpang kami yang biasa melakukan perjalanan naik Travel Malang Tuban. Kapan-kapan coba satu-satu ah. hehe

    BalasHapus
  7. Butuh carterann Mobil Untuk Dalam Kota atau Luar Kota Tuban ?
    Cari jasa antar / jemput Bandara Juanda ?
    Hubungi saja Oza-Ozi Rental Mobil .
    Info di 0857 3300 7952 atau 0812 3267 5660

    Sewa Mbl + Driver 12 Jam Rp. 375.000,-
    Sewa Mbl + Driver Fullday Rp. 450.000,-
    Antar / Jemput Bandara Juanda Rp. 550.000,-

    BalasHapus
  8. sangat menarik artikelnya dan sangat bermanfat Buat referensi saja TRAVEL MALANG TULUNGAGUNG PP murahdijamin cobain deh kalo gak percaya

    BalasHapus
  9. Kontes SEO BERLANGSUNG !!

    Total Hadiah 30 Juta Rupiah

    BDdomino.net Dengan Keyword : BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker BdDomino

    Tanggal : 17 Juli 2017 sampai 2 Oktober 2017

    Selengkapnya : http://bddomino.org/kontesseo

    Tunjukan Kalau Kalian MASTERNYA SEO !!
    Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    BandarQ
    Hack BandarQ
    Sex Story
    Agen Sakong dan BandarQ

    BalasHapus
  10. Ini juga patut sebagai refrensi kuliner anda pasti maknyos

    Xjodo.com

    Enak murah kualitas ga murahan

    BalasHapus
  11. wow artikel anda sangat menarik, jangan lupa kunjungi juga https://makanyok.com/2019/11/21/kopi-arabika-toraja/

    BalasHapus

Terima kasih untuk yang sudah berkomentar di blog ini... :)

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts

Iklan