Loading...

MARHABAN YAA RAMADHAN

MARHABAN YAA RAMADHAN Tidak terasa setahun sudah berlalu. Masih kuingat betul berpuasa dan berlebaran di rumah eyang setaun lalu.. tentunya ...

MARHABAN YAA RAMADHAN
Tidak terasa setahun sudah berlalu. Masih kuingat betul berpuasa dan berlebaran di rumah eyang setaun lalu.. tentunya kali ini banyak yg berbeda dari kemarin.. setiap hari adalah perubahan, begitu juga dengan banyak yg terjadi di kehidupanku.
Karena Ramadhan merupakan bulan yg istimewa dan muncul hanya setahun sekali, maka sudah selayaknya kita memperlakukannya dg istimewa pula.
Perlakuan istimewa yg dimaksud adalah memperbanyak amalan2 (tertentu). Insya Allah hal2 ini bisa kulakukan di bulan ramadhan kali ini..
1. Membantu ibu dan bapak. Bagi yg ortunya masih hidup, inilah saatnya untuk lebih dekat dan berbakti serta beramal soleh kepada ortu. Ingatlah, ortu tidak selamanya bersama kita. Cepat atau lambat, mereka akan meninggalkan mereka, padahal berkah dan karunia dari orangtua sangatlah besar. Maka, selagi mereka masih ada, perbanyak minta barokah, karunia, doa dari mereka. Jadikan mereka bahagia mempunyai anak yg sholeh/sholehah serta berbakti.
2. Menghadiri majelis ilmu. Yg dimaksud dg majelis ilmu di sini adalah pengajian-pengajian, baik setelah shubuh ataupun sebelum sholat tarawih. Tidak sering kita jumpai di bulan2 lain adanya pengajian sesering dan seintensif di bulan Ramadhan. Sangat banyak ilmu yg bisa kita peroleh dari pengajian. Pengajian yg dihadiri tidak mesti di 1 tempat, namun bisa juga di banyak tempat. Aku masih ingat, 2-3 tahun lalu, bersama adikku suka keliling kota Bandung, mengunjungi masjid yg berbeda-beda, selain untuk menimba ilmu, juga untuk mengetahui karakteristik (yg unik) dari tiap masjid.
3. Membaca buku-buku dan majalah-majalah Islami/agama. Bagi anda2 yg sibuk, seringkali tidak sempat untuk menghadiri pengajian. Untuk itu, sebagai gantinya anda bisa membeli majalah/buku agama lalu menyempatkan diri membacanya di saat2 senggang/istirahat.
4. Mendengarkan kaset, cd Qur’an atau ceramah. Mungkin metode ini bisa diterapkan bagi yg memiliki mp3 player. Sekarang kan udah ada Al Quran digital, , jadi kita bisa mendengarkannya selama dalam perjalanan. Lumayan, jika sehari anda mendengarkan 2-3 surat Qur’an, bukan tidak mungkin dalam 1 bulan anda bisa hafal setidaknya 5-6 surat, minimal dari juz ‘amma. Solusi lain, anda membaca Qur’an di metromini atau bus, daripada hanya tidur. Ingat, orang yg terlalu banyak tidur (dg alasan ‘tidak kuat’) berarti makin banyak membuang waktu hidupnya dalam keadaan tidak sadar.
5. Menyendiri dan menangisi kesalahan. Setelah (atau sebelum) anda sahur, luangkan waktu untuk menyendiri, menghisab diri sendiri, menangisi kesalahan, dan berdoa kepada ALLAH untuk mohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yg telah kita perbuat. Jika sulit, mulailah dg menuliskan dosa/kesalahan yg anda perbuat 1 hari sebelumnya, lalu banyak2lah berdoa mengharap ampun kepada ALLAH SWT.
6. (bagi orang kaya) Banyaklah berinfaq, bersedekah, dan menyumbang untuk buka puasa. Kita mesti mencontoh Rasululloh dalam berinfaq dan bersedekah (membelanjakan harta di jalan ALLAH SWT). Kedermawanan beliau sedemikian hebat, hingga diibaratkan seperti angin yg berhembus kencang. Begitu mudah beliau merogoh kantung dan memberikan harta kepada orang2 yg membutuhkan. Apalagi di bulan Ramadhan ini, yg pahalanya akan dilipat gandakan berkali-kali. Dan khusus di bulan Ramadhan, orang2 kaya bisa memperoleh amalan ‘ekstra’ dg memberikan hartanya untuk dibelikan makanan pembuka puasa. Insya ALLAH mereka akan mendapatkan pahala yg sama besar dg orang2 yg berbuka dg makanan yg mereka sediakan.
SERBA-SERBI 9077675763840166242

Posting Komentar

Terima kasih untuk yang sudah berkomentar di blog ini... :)

emo-but-icon

Beranda item

Subscribe Yuuk! :)

Popular Posts

Iklan