Loading...

Wisata Kuliner dan Tempat Makan Enak di Tegal

Es Sagwan Apa sih makanan yg paling terkenal dr Tegal? Warteg! hehehe kalau disana mungkin sebaiknya bukan warteg yg anda tuju, tapi be...

Es Sagwan

Apa sih makanan yg paling terkenal dr Tegal? Warteg! hehehe kalau disana mungkin sebaiknya bukan warteg yg anda tuju, tapi beberapa kuliner khas yg gak kalah menariknya dengan di daerah lain:

Latopia / Laktopia / Latopnya


Bakpia khas Tegal yg tampilannya hampir sama dengan bakpia umumnya. Bedanya, pianya lebih padat, lebih renyah,  dan lebih gurih. Untuk ukurannya pun lebih besar. Latopia yang terkenal dapat dibeli di Jl. Paweden kota Tegal.


Iga Bakar Valentine


Berlokasi di Jalan Kartini No. 5 Kota Tegal. Posisinya diantara pertigaan depan Dedy Jaya Plaza Tegal dan SMA Negeri 1 Kota Tegal. Buka dari jam 17:00 – 23:00 WIB. Menu: Iga Bakar, Nasi Rawon, Ayam Kampung, Nasi Soto Ayam, Nasi Soto Sapi, ice blend, aneka jus, es teller, dan menu lainnya. Bahkan terkadang ada menu-menu spesial yang hanya ada pada hari itu. Masalah harga rata-rata pas untuk kantong.

Es Lontrong Serut


Lontrong Kampung Budimulya, Slawi. Atau “ancer-ancer”-nya adalah dari Ruko Perdagangan Slawi, masih ke timur, setelah jembatan, nanti belok kiri pada gang pertama. Dari jalan raya hanya sekitar 20 meter. minuman yang terbuat dari es serut, santan, pewarna, kacang hijau, hung kweh, dan kolang-kaling sudah sangat terkenal di Tegal. Khususnya Slawi.

Bakso Sutimin


Jalan Raya Karanganyar No. 51 Kabupaten Tegal, Telp. (0283) 320935. Tempatnya di timur jalan raya. Kira-kira 500 meter apabila dari Perempatan RSUD Kardinah, apabila dari arah selatan, setelah SMK Karanganyar.

Ketupat Glabed dan Ketupat Bongkok


Ketupat / Kupat Glabed, Ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Warung yang menjadi favorit adalah di depan Stasiun Besar Kota Tegal.

Olos


Olos adalah makanan yang berbetuk bulat, yang kulit luarnya menggunakan tepung kanji sehingga berasa kenyal dan dalamnya berisi berisi sayuran seperti kol dan lainnya rasanya khas yaitu pedas. Olos banyak di daerah Kabupaten tegal, terutama di Slawi dan Adiwerna. Lokasinya un cukup mudah, biaasanya ada di depan sekola-sekolah, Seperti SMA N 2 Slawi, SMP N 1 Adiwerna, SMA N 1 Slawi dan lain-lain.

TAHU MURNI dan RM NATA JAYA


Di jalur pantura di Jl Dampyak no 19-21 dan Jl AR Hakim no 100, telp (0283)351558 dan Jl P. Diponegoro no78 telp (0283) 3307157. Lokasinya berjarak 2 km dari POM bensin MURI.

SATE KAMBING KUMIS


Jl Cipto Mangunkusumo Tegal. dari arah Brebes Ada di sebelah kiri jalan. Dagingnya empuk dan manis. Ada juga sate ati dan torpedo. Selama bulan puasa hingga 2 minggu setelah lebaran, buka 24 jam.

RESTORAN PRINGSEWU


Jl raya Tegal, Pemalang km 7 Kramat, telp (0283) 3318138
Hidangan yang jadi andalan adalah gurame dan es durian.

RM CEMPAKO


Jl raya Tegal, Pemalang km 20, Demangharjo. Menu favorit adalah ikan patin pedas. Rasanya segar, asam manis, pedas bercampur jadi satu. Selain itu ada pindang patin, masak serani, pepes patin, gulai tempoyak hingga mangut patin.

Es SAGWAN


Minuman Asli Tegal.  rasa Es yg satu ini, segar, berisi adonan yang dibuat dari aci (tepung kanji) panjang-panjang berwarna putih, es serut serta gula. Gulanya pun ada dua pilihan yaitu warna merah dan warna coklat. Kabarnya, minuman ini sudah puluhan tahun berdiri. Sagwan ternyata berasal dari nama orang yang pertama kali membuat minuman ini. Beliau sudah lama meninggal dan rumahnya di sebelah barat SMP N 1 Dukuhturi atau daerah Kepandean. Meskipun sudah meninggal, minuman ini menjadi bisnis turun-temurun keluarganya.Es Sagwan ada di:

    Jln. KS tubun, selatannya RS Kardinah sebelum rel dari Perempatan Kejambon
    Jln. Mejasem, depan Pala 13 Mejasem
    Jln. Srigunting, menghadap selatan
    Jln. Sumbodro, depan SMA N 3 Kota Tegal
    Jln. AR Hakim, sebelahan dengan toko sepeda NORTON
    Jln. Raya 2 Adwerna, utaranya Perempatan Singkil jalan 2, sebelahan dengan kios/rental komputer


Lengko merupakan salah satu makanan khas daerah Tegal. Beberapa yg terkenal:
  • Lengko Raswi, pertigaan dekat perintasan KA Slawi yang mau menuju ke Ruko Pusat Perdagangan Slawi.
  • Lengko Kasmud. Depan Gedung Setiabudi Kota Tegal.
  • Lengko Kanyut. Bundaran SMA N 1 Kota Tegal, samping Gedung Asuransi Bumiputra Kota Tegal.

Lainnya: 

RM Pi An, di depan Stasiun KA Tegal. Gule kambingnya enak,j uga nasi lengko-nya tidak boleh dilewatkan. Bungkus juga pisang gorengnya yang istimewa untuk bekal di perjalanan.

Sate kambing muda khas Tegal  Sari Mendo (Jalan Teuku Umar, Debong, Tirus).

Sate ayam Margasari yang buka cabang di Jl. A. Yani (seberang Toko BatikKrisna). Potongan ayamnya besar-besar, disiram bumbu kental berwarna kuning yang sangat gurih.

Tegal juga punya soto ayam yang khas, dengan bumbu tauco. Di daerah Talang (jalan menuju Slawai) dapat dijumpai beberapa warung soto dengan label "Sedap Malam". Yang asli dari seri "Sedap Malam" ini adalah Daan Jenggot yang kini diteruskan oleh anak laki-lakinya.Warung-warung soto “Sedap Malam” lainnya dioperasikan oleh kerabat dan bekas karyawan Daan Jenggot.

Warung Alwi
Jl.Setiabudi, Warung ini menyediakan nasi bakmoy, ca rebung dan sekitar 25 masakan peranakan lain, seperti: rebung, yupo asam manis, dan lain-lain. Warung ini baru buka setelah magrib. Ada juga nasi bogana khas Tegal di sebuah warung kecil di dekat Klenteng Tegal.

sumber:
www.semuaadadisini.com
www.infotegal.com
www.detikfood.com
SERBA-SERBI 493268573077043520

Posting Komentar

  1. wah akhirnya...ketemu dengan blog satu daerah...tegal memang laka laka...tetep sukses ya...jangan lupa visit ak juga

    BalasHapus
  2. mantap makan es serut pas lagi lemes2 nih
    langsung segerrrr cossss lagi !

    BalasHapus
  3. Haha kengko raswi masuk daftar...menu favorit?

    BalasHapus
  4. Haha kengko raswi masuk daftar...menu favorit?

    BalasHapus
  5. Haha kengko raswi masuk daftar...menu favorit?

    BalasHapus
  6. Sangat membantu tapi kurang lengkap kalau tidak di lampirkan photo makanannya.thanks

    BalasHapus
  7. Sangat membantu tapi kurang lengkap kalau tidak di lampirkan photo makanannya.thanks

    BalasHapus
  8. Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

    BalasHapus
  9. ana RM baru nama ne queen 88 di sipelem dpn RS.Mitra Keluarga Tegal, makananan ne enak enak, harga ne murah.

    BalasHapus
  10. iga bakar valentine si sebelah ngendi ya
    baru iki krungu jeneng dedy jaya plaza

    BalasHapus
  11. Daning warung lontong ayam Bu Eni ora mlebu yah. Padahal enak loh.
    Wes ana sing nge-review Makan Malam di Warung Lontong Ayam Bu Eni yang Yummy

    BalasHapus

Terima kasih untuk yang sudah berkomentar di blog ini... :)

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts

Iklan