Loading...

Makanan Lontong Kupang, unik khas jawa timur

Kalau anda sedang melintas di Surabaya – dan ke arah timur pulau Jawa, coba deh cicipi sebuah makanan khas yang lumayan langka di Jawa Timu...

Kalau anda sedang melintas di Surabaya – dan ke arah timur pulau Jawa, coba deh cicipi sebuah makanan khas yang lumayan langka di Jawa Timur. Makanan itu bernama "lontong kupang" makanan ini sepertinya hanya dijajakan di daerah Surabaya – sidoarjo – pasuruan dan Jember.
Meski menyebut nama Kupang, makanan ini tak ada kaitannya sama sekali dengan kota di daerah Nusa Tenggara Timur itu. Disebut kupang karena bahan dasar makanan ini memang didominasi binatang kupang yang dijaring para nelayan di pesisir pantai Sidoarjo.
Secara kasat mata, kupang itu bentuknya mirip kerang, tetapi ukurannya sangat kecil (lembut, berdiameter sekitar 2-5 mm), dan berwarna pucat. Sedangkan bumbu lontong kupang berupa campuran gorengan bawang putih yang diiris tipis-tipis, cabe, dan petis. Campuran itu digerus dengan sendok di atas piring yang akan disajikan. Selanjutnya, campuran itu diencerkan dengan membubuhinya sedikit kuah kupang tersebut.
Penyajian porsi lontong kupang yang diwadahi piring sederhana itu memang sulit mengundang selera. Apalagi soal aroma. Karena makanan ini tak terlalu menyebar wewangian. Tapi setelah dicicipi, baru akan terasa manis dan pedasnya lontong kupang.
Tak jelas benar, sejak kapan lontong kupang ini dijajakan. Tapi, sejak zaman dulu sajian lontong kupang memang seperti itu. Nyaris tak ada perubahan.
Namun, kupang terbukti gak Cuma diminati orang tua saja, banyak juga anak muda atau anak kecil yg langsung ketagihan begitu mencicipinya. Saya pun demikian, setelah puluhan tahun mudik ke Jember jawa Timur kemarin, baru kemarin menyempatkan diri mencicipi lontong kupang khas yang terletak di alun2 kota Jember.. rasanya,, tentu saja nikmaaattt… penasaran?? liat fotonya dulu yaa.. hihihi..
JALAN-JALAN 3297899278914258079

Posting Komentar

Terima kasih untuk yang sudah berkomentar di blog ini... :)

emo-but-icon

Beranda item

Subscribe Yuuk! :)

Popular Posts

Iklan