Loading...

Kolak Ayam dan Bubur Gandum

Pesta Kolak Ayam di Gresik tidak sedikit tradisi yg masih dilaksanakan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Misalnya saja di Gresik J...

Pesta Kolak Ayam di Gresik
tidak sedikit tradisi yg masih dilaksanakan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Misalnya saja di Gresik Jawa timur. Saat bulan puasa, ada tradisi pesta kolak ayam di Masjid Goemeno, di Desa Gumeno Kabupaten Gresik. Acara ini diadakan setiap tanggal 23 Ramadhan atau “malem patlikur”. Tradisi ini sudah berlangsung ratusan tahun lamanya. tradisi memasak kolak ayam atau biasa disebut “sanggring”, awal mulanya, dari seorang penyebar agama Islam, Sunan Dalem, yg sakit setelah bekerja keras mendirikan masjid di desa itu. Untuk menyembuhkan sakitnya, Ia meminta warga berkumpul membawa ayam jago untuk disembelih dan kemudian dimasak dgn racikan yg dinamakan resep Sanggring. inilah yg dinamakan kolak ayam. Uniknya, masakan ini dimasak memakai kuali tanah liat dan kayu bakar. Tak disangka, sejak itu penyakit sunan dalem sembuh, dan ia meminta agar setiap tgl 23 Ramadhan dilaksanakan tradisi pesta kolak ayam. akhirnya Sampai sekarang pun masih dilakukan oleh kaum pria di desa setempat.


Bubur Gandum di Kampung Arab, Bondowoso
membuat bubur gandum atau bubur kuning menjadi ciri khas saat bulan puasa, di kampung arab, Bondowoso, Jawa timur. Ini mereka sebut dengan tasyakuran saat Ramadhan tiba. Bubur2 inis engaja mereka siapkan untuk santapan berbuka yg biasaya diberikan kepada para jemaah yang hendak berbuka puasa di masjid maupun di rumah sendiri.. Ratusan kepala keluarga di daerah itu rata-rata menyiapkan sajian istimewa. Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama lho. Tradisi lain yg juga unik saat shalat tarawih. Berbeda dengan warga muslim lainnya, disana diadakan mulai pukul 20.30 dan berakhir 09.30 pagi. Mereka menganggap Tarawaih adalah bagian dari salat malam, sehingga waktunya pun tidak dibatasi. Selain itu, semua warga laki2 juga diberikan kebebasan untuk menjadi imam salat tarawih secara bergantian setiap hari. Setiap malam jumat saat bulan Ramadhan, warga kampung arab pun menggelar hadrah melantunkan Bacaan-bacaan mengagungkan rasulullah. Intinya semua warga kampung arab bondowoso sangat suka cita menyambut Ramadhan ini.
SERBA-SERBI 8612521721426256663

Posting Komentar

Terima kasih untuk yang sudah berkomentar di blog ini... :)

emo-but-icon

Beranda item

Subscribe Yuuk! :)

Popular Posts

Iklan