Loading...

Tradisi pasar malam Ramadhan di Kudus

Mumpung masih bulan Ramadhan. rasanya pengen deh mengenal tradisi2, budaya serta kebiasaan berbagai daerah di Indonesia. yg dalem negeri ...


Mumpung masih bulan Ramadhan. rasanya pengen deh mengenal tradisi2, budaya serta kebiasaan berbagai daerah di Indonesia. yg dalem negeri dulu donk ah, kan cinta negriku ;p

kota kudus jawa tengah punya tradisi unik menjelang Ramadhan. Namanya tradisi dandangan. Yg ini Bukan alat untuk memasak lho, tapi tradisi pasar malam yg ada di sekitar Menara kudus, yaitu sepanjang jalan sunan kudus dan sekitarnya.

Pada tradisi dandangan ini diperdagangkan beragam kebutuhan rumah tangga mulai dari peralatan rumah tangga, pakaian, sepatu, sandal, hiasan keramik sampai mainan anak-anak serta makan dan minuman. Para pedagang pun tdk hanya dari Kudus, tp juga dari kota2 lain. Biasanya meeka berjualan saat 2 minggu sebelum puasa hingga malam hari menjelang puasa.

Tradisi ini sudah ada sejak 450 tahun lalu lho, tepatnya zaman Sunan Kudus. saat itu, setiap menjelang bulan puasa, ratusan santri Sunan Kudus berkumpul di Masjid Menara. Mreka menanti ditabuhnya bedug, sebagai pertanda datangnya pengumuman hari pertama puasa.

Karena ramainya orang berkumpul, tradisi dandangan ini kemudian juga dimanfaatkan para pedagang untuk berjualan di lokasi itu. Menariknya lagi, biasanya juga ditampilkan hiburan-hiburan tradisional selama berlangsugnya dandangan.
SERBA-SERBI 4214478637530412695

Posting Komentar

Terima kasih untuk yang sudah berkomentar di blog ini... :)

emo-but-icon

Beranda item

Subscribe Yuuk! :)

Popular Posts

Iklan