Loading...

Kue Apem v.s Surabaya di Ramadhan

Masjid Sunan Ampel, Surabaya Ada kaitannya loh kue Apem dengan kota Surabaya di bulan Ramadhan.. Di Surabaya, menjelang Ramadan ada tr...

Masjid Sunan Ampel, Surabaya

Ada kaitannya loh kue Apem dengan kota Surabaya di bulan Ramadhan.. Di Surabaya, menjelang Ramadan ada tradisi yang yg ditandai dgn makan apem. Namanya megengan. Tradisi ini ditandai dengan makan apem, yg menyerupai serabi tebal berdiameter sekitar 15 senti, dibuat dari tepung beras.

Katanya, tradisi ini dimulai dari kawasan Ampel, di sekitar Masjid Ampel, Surabaya. Menurut cerita, nama apem asalnya dari kata afwan dalam bahasa Arab yang berarti maaf. Nah Tradisi makan apem ini untuk memaknai permintaan maaf kepada sesama saudara, kerabat, dan teman.

Sebetulnya, yang terjadi bukanlah sekadar tradisi makan apem, tetapi selamatan atau tahlilan dengan hidangan apem dan pisang raja untuk mendoakan saudara dan kerabat yang telah meninggal, sekaligus meminta maaf. Setelah tahlilan, apem dan pisang dibagikan kepada semua keluarga dan tetangga. Ritual "megengan" ini biasanya dilakukan warga seminggu hingga sehari menjelang bulan Ramadhan.
SERBA-SERBI 8726367129586828783

Posting Komentar

Terima kasih untuk yang sudah berkomentar di blog ini... :)

emo-but-icon

Beranda item

Subscribe Yuuk! :)

Popular Posts

Iklan